Jumat, September 11, 2009

PEMBINAAN PENINGKATAN MUTU KINERJA PENGELOLA PKBM “BERKAH”

Posted by rhonie Jumat, September 11, 2009, under | No comments



Kelangsungan Lembaga PKBM tidak lepas dari sumber daya manusia pengelolanya, untuk itu PKBM “Berkah” Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang menyelenggarakan Kegiatan Pembinaan Peningkatan mutu Kinerja Pengelola pada hari Kamis, 10 September 2009 bertempat di Ruang Paket C PKBM Berkah Kecamatan Menes Kabupaten Pandeglang. Kegiatan tersebut bertujuan agar setiap pengelola bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing sehingga kelangsungan kegiatan-kegiatan atau program-program PKBM Berkah terlaksana sesuai dengan tujuan yang diharapkan.


Kegiatan Pembinaan peningkatan mutu kinerja pengelola tersebut menghadirkan nara sumber dari Dinas Pendidikan Kabupaten Pandeglang dan para Pembina PKBM Berkah diantarannya Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Menes, serta para pengawas TK/SD dan PLS kecamatan Menes. Mereka memberikan arahan dan evaluasi serta motivasi kepada para pengelola PKBM Berkah agar para pengelola tetap bersemangat dalam memperjuangkan dunia pendidikan Non formal, meski tidak ada anggaran khusus yang dialokasikan pemerintah untuk para pengelola PKBM “Berkah” tapi Narasumber mengatakan bahwa PKBM bukanlah ladang pekerjaan tapi PKBM merupakan tempat menggodok diri atau berlatih untuk bisa terjun langsung di masyarakat dan menjadi manusia yang berguna di kemudian hari.


Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Menes mengatakan bahwa kita perlu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat karena PKBM “Berkah” sendiri mengembangkan usaha pelayanan jasa yang digandrungi masyarakat zaman sekarang yaitu Warung Internet dan Rental Komputer, dengan pelayanan yang maksimal akan membuat masyarakat lebih tertarik dan mengakui keberadaan PKBM Berkah.


Di samping itu Pengawas TK/SD dan PLS mengutarakan bahwa secara tidak langsung PKBM Berkah telah melahirkan pemuda-pemuda yang mempunyai daya jual atau menarik perhatian para Kepala Sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kecamatan Menes, meski hanya sebagai tenaga sukarelawan di sekolahnya. Perlu diketahui sebagian besar pengelola PKBM “Berkah” sekarang sudah banyak menjadi guru TKS di sekolah yang awalnya mereka hanya pemuda biasa. Beliau juga berpesan bahwa para pengelola PKBM khususnya PKBM Berkah jangan berkecil hati karena kerja keras yang ikhlas akan menghasilkan buah yang manis di kemudian hari.


Sebelum acara ini berlangsung sempat adanya kunjungan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Non Formal Indonesia (PNFI) dari Jakarta, pada kesempatan ini beliau menyampaikan tentang kesalutannya terhadap PKBM Berkah dengan semangat kerja keras untuk terus melayani masyarakat dalam dunia pendidikan non formal yang dibarengi dengan mengembangkan sejumlah kelompok belajar usahanya. Kata-kata yang terpenting dalam penyampaiannya agar Pengelola PKBM Berkah untuk terus meningkatkan kerja kerasnya guna mengembangkan PKBM Berkah sebagai wadah pembinaan, pendidikan dan pelatihan masyarakat khususnya bidang non formal.


Kegiatan Pembinaan Peningkatan mutu kinerja pengelola PKBM “Berkah” diakhiri dengan acara buka bersama yang berlangsung dengan suasana keakraban dan kekeluargan.

0 komentar:

Download